nusakini.com--Makassar International Eight Festival 2017 (Festival F8) berakhir. Walikota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto menutup secara resmi festival bergengsi Makassar yang kedua tersebut. 

Tak lupa, Danny menghaturkan penghargaan dan terima kasih kepada stakeholder yang telah berkontribusi selama berjalannya acara F8 selama 5 hari. 

Walikota peraih tiga adipura ini menyebut semua pihak telah mensukseskan acara yang dihadiri 10 duta besar dan 35 negara di dunia itu.  

Mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Makassar, pihak kepolisian dan TNI, perwakilan negara-negara sahabat dan para duta besar, Kabupaten/Kota di Indonesia, para sineas, para musikus, seniman, kurator, ormas, dan masyarakat yang telah tertib menjaga keamanan selama berlangsungnya acara. 

"Tidak terasa lima hari cukup singkat untuk F8, tapi saya yakin waktu singkat ini akan menjadi kenangan yang tertinggal di hati kita semua. Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat di acara yang bergengsi ini," kata Danny.

Menurut Danny, persembahan f8 bukan hanya untuk Kota Makassar pada khususnya, namun untuk Indonesia pada umumnya. Sebab, dengan adanya pagelaran berskala internasional ini, makin mempertegas bahwa Makassar adalah kota dunia yang dikenal luas di mancanegara. 

"Kita semua bisa melihat berapa bendera yang berkibaf di belakang, siapa-siapa yang datang di acarata, jadi jelas menandakan antusias negara-negara di dunia sangat besar untuk Makassar, kita semua harus berbangga dengan hal ini," tuturnya. 

Danny juga mengaku bahwa di awal acara sempat pesimis target 1 juta pengunjung sulit terwujud. Namun seiring berjalannya acara dengan parade pertunjukan yang spektakuler dan uniknya segala macam pernak pernik khas Makassar yang dijajakan, Alhasil, target yang diharapkan itu akhirnya terwujud. 

"Luar biasa, semua yang tampil juga sangat hebat, ada musisi kodang dari Prancis, ada atraksi pesawat dari TNI angkatan Udara, ada pertunjukan olahraga, ada jet sky, pokoknya semua spektakuler," urainya. 

Danny pun mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat Makassar yang telah tersita kenyamanannya berkendara selama F8 berlangsung. 

"Saya minta kepada masyarakat pengguna jalan, selama 5 hari kita telah merasakan macet, tapi dengan kesabaran kita semua, insya allah kita akan memperoleh hasil yang lebih baik, terimah kasih Makassar, Terima Kasih Indonesia dan terima kasih dunia," kuncinya. (p/ab)